-->

6# Kelebihan dan Kekurangan Blogpsot, Blogger Harus Tau

Setiap kelebihan disitu juga pasti ada kekurangan. Hal itu juga yang akan kita jumpai pada platfom blogger yang dikenal dengan panggilan blogspot.

Sebelum membuat Blogspot,  Alangkah baiknya kita mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Blogspot tersebut. 

Khusu diartikel ini kami akan mengulasnya untuk blogger yang menggunakan blogspot saja. di Karenakan perbandingan kekurangan dan kelebihan blogspot dan Wordpress sudah pernah kami buat sebelumnya. 

Apakah blogspot ini termasuk platform yang cocok untuk dijadikan kegiatan blogging anda sehari-hari..? Simak selengkapnya dibawah ini. 

Kelebihan Menggunakan Blogspot

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot
Kelebihan dan Kekurangan Blogspot

Blogspot memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Hal ini juga sama dialami oleh platfom blogger lainya seperti Wordpress, Jomla, dan juga tubnail dan lain sebagainya. 

Ulasan ini sepernuhnya adalah pengalaman penulis pribadi. Bukan dari pendapat orang lain atau mengambil kesimpulan dari orang lain. 

1. Blogspot Gratis

Pertama, saya menyukai platform blogspot dikarenkan gratis yang bisa digunakan selamanya dengan catatan tidak melanggar TOS google. Blogspot memiliki kelebihan yang membuat kamu bisa secara bebas membuat konten-konten yang bermanfaat tanpa ada batasan dari google. 

Blgospto memiliki server hosting tersendiri. Artinya kamu sudah tidak membutuhkan hosting lainya untuk membuat blog dan membuat konten didalamnya. Dengan menggunaman blogspot kamu bisa membuat ratusan hingga ribuan artikel didalamnya tanpa harus ketakutan hehabisan penyimapanan server. 

2. Lebih Simpel

Kelebihan blogspot yang kedua adalah lebih simpel bila dibandingkan dengan platform lain manapun. Mulai dari tampilan (UI), dan juga beberapa toolsnya yang dapat dengan mudah digunakan skalipun blogger baru. 

Dengan tampilan yang sangat klasik dan juga tema yang mudah diedit menjadi blogger ini pilihan terbaik untuk digunakan seorang blogger pemula. 

3. Template Gratis

Kelebihan blogspot yang ketiga ada pada bagian template yang disediakan secara gratis untuk seluruh penggunanya.  Namun sekali lagi, Jika kamu menginginkan tampilan yang lebih bagus dan lebih profesional sebaiknya gunakan template yang versi pro (berbayar). 

Untuk tampilan template blogspot yang berbayar ini bisa kamu temui dipencariaan google dan membelinya dari beberapa pengembang tamplate diseluruh dunia. Bisanya, Template blogspot ini dijual dengan harga yang relatif murah mulai dari 100k sampai 300k. 

4. Sulit Jatuh dari Page One

Kelebihan blogspot yang ke empat ini adalah pengalaman pribadi admin. Entah hanya kebetulan saja atau gimana. Jika saya perhatikan beberapa postingan-postingan yang didomisili oleh pengguna blogspot dimesin pencari lebih awet. 

Untuk contohnya "strukturkode.blogspot.com"  dengan keyword cara memasang iklan ditengah postingan.  Sudah saya amati mulai dari 2015 hingga artikel ini terbit blog tersebut masih menduduki peringkat utama mesin pencari. 

5. Hemat Budget

Kelebihan blogspot yang nomer lima ada pada bagian budget untuk membuat dan membangunya. Kalau kamu menggunakan blogspot tentu saja biaya yang dikeluarkan lebih hemat bila dibanding dengan wordpress self hosting (Membeli hosting + Domain sendiri). 

Untuk membuat blog berplatform wordpress kita membutuhkan dana sebesar 400k untuk bisa mendapatkan penyimpanan 2Gb saja. Kalau di estimasi sih 2GB itu akan habis dengan 700 artikel saja. 

Bedahalnya dengan blogspot. Hanya bermodal domain saja. Blog kamu sudah terlihat profesional dan dapat menampung ribuan artikel didalamnya. 

6. Blogspot Produk Google

Kalau sudah produk google sudah dapat dipastikan dapat terintegrasi dengan layanan google lainya seperti google drive, Google adsense, Google analistic dan lain sebagainya. 

Jangan anggap beberapa layanan diatas tidak penting untuk blogspot kamu ya. Terlebih dengan google analistik yang dapat kamu gunakan untuk melacak pengunjung blog berdasrkan minat dan juga lokasi. Hal tersebut sangat cocok untuk kamu jadikan analisa pasar di daerah tertentu. 

Kekurangan Menggunakan Blogspot

Nah berikut ini yang perlu kamu pertimbangakan untuk menggunakan blogspot 
  1. Tidak profesional untuk di jadikan website perusahaan 
  2. Template yang mudah ditiru / cloning. 
  3. Membutuhkan optimasi seo manual. 
  4. Tidak bisa membuang bulan dan tahun permalink postingan. 
Udah si menurut adamin peribadi kekurangan dari blogspot itu saja. Karena ini pruduk google jadi ya maklum untuk kekuranganya sangat minim.

Baca Juga : Bagus Mana Blogspot VS Wordpress

Skian untuk artikel kelebihan dan kekurangan blogspto yang saya bagikan, jangan lupa berikan komerntar jika menurut kalian masih ada lagi kekurangan yang sangat menjanggal pada blogspot